Fenomena Komunitas Homoseksual (Studi Fenomenologis Komunikasi Verbal dan Nonverbal di kalangan Gay terselubung di Kota Medan)

                                          ABSTRAKSI


Fokus penelitian ini mengambil tema Fenomena Komunitas Homoseksual dengan subjek penelitian adalah komunikasi verbal dan nonverbal di kalangan gay terselubung di kota Medan.Tujuan dari penelitian ini untuk mencari alasan seseorang menjadi gay terselubung, mencari latar belakang seseorang menjadi gay, mengetahui simbol-simbol verbal dan nonverbal yang digunakan gay dalam berkomunikasi serta mengetahui aktivitas dan peranan yang dimainkan seorang gay di luar dan di dalam komunitasnya.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yakni sebuah pendekatan bagaimana dunia di dalam pengalaman pelaku perilaku, dengan didasari asumsi epistemologis bahwa kenyataan adalah apa yang ada di dalam bayangan dari pelaku. Penelitian ini berada pada paradigma konstruktivisme yang melihat pengalaman manusia terdiri dari intrepretasi bermakna terhadap kenyataan dan bukan reproduksi kenyataan. Pendekatan fenomenologi menggunakan metode Van Kaam yang meliputi tiga fase perenungan yang membedakan yaitu epoche, reduksi fenomenologi dan variasi imajinatif dan akhirnya gambaran tekstural dan struktural diintegrasikan untuk sampai pada pemahaman tentang esensi fenomena.

Objek penelitian adalah kaum gay terselubung yang tersebar di kota Medan. Para informan yang diteliti berasal dari latar belakang, pekerjaan, suku dan agama yang berbeda sehingga penelitian ini cukup menarik dan menantang untuk dilakukan. Setelah melakukan observasi yang cukup mendalam dan bersifat parsipatoris, maka data serta analisis yang disajikan adalah berupa pengalaman dari para informan. Peneliti berusaha masuk ke dalam dunia informan dan memandang persoalan yang mereka hadapi seperti merasakannya terhadap diri sendiri, lalu peneliti keluar kembali dan melihat melalui bird angle yakni suatu sudut pandang dimana realita yang sesungguhnya terjadi adalah hasil dari konstruksi pengalaman dan intrepretasi sang peneliti.

Melalui penelitian terhadap fenomena komunitas homoseksual ini ditemukan bahwa komunikasi verbal dan nonverbal yang digunakan para gay terselubung di kota Medan cukup bervariasi dan pengalaman penggunaan simbol-simbol tersebut berbeda satu sama lain. Juga sebuah kenyataan bahwa Indonesia khususnya Medan masih sebuah tempat di mana komunitas gay belum dapat menunjukkan eksistensi dirinya sebebas mungkin dikarenakan ikatan norma yang berlaku. Penelitian ini juga menunjukkan bagaimana mahirnya para gay terselubung menyembunyikan identitas ke-gay-an mereka dan berlaku layaknya para pria heteroseksual.


271 thoughts on “Fenomena Komunitas Homoseksual (Studi Fenomenologis Komunikasi Verbal dan Nonverbal di kalangan Gay terselubung di Kota Medan)

    • skripsi ga mungkin dibajak, kan ada sistem yang menunjukan penulis aslinya.Kalapun meyadur tulisan yang penting ada referensinya. Peneliatian tentang gay sudah banyak dilakukan dengan pemaparan yang berbeda

  1. Rottee yg baik,

    Kami di Arus Pelangi tertarik dengan skripsi anda. Bolehkah kami dapatkan softcopy-nya [dlm format apapun; doc, pdf dll] untuk kepentingan dokumentasi di sekretariat kami. Data dan informasi dari luar Jakarta sangat langka. Maka kami sangat senang jika anda bisa membantu kami.
    Terima kasih,
    King

  2. saya tertarik sama kebiasaan anak-anak BL yang nyalin tulisan penting di tempat publik..

    kalau butuh flashdisk, kita jualan koq;
    mau yang berapa Giga, Dek?
    murah koq, murah.. dijamin murah; bukan murah rusak ya.

  3. saya annisa, mhs fikom unpad, sedang meneliti konstruksi sosial dan proses komunikasi intrapersonal yang terjadi pada aikidoka.
    saya butuh banget skripsi anda untuk bab II tinjauan pustaka mengenai penelitian sejenis. di perpustakaan kami sedikit sekali penelitian yang menggunakan studi fenomenologis. kalau anda berkenan untuk memberikan skripsi anda,tolong hubungi saya via email, terima kasih.

  4. Thanx buat semua..
    Hahaha..

    Ntar deh, semua comment saya balas via email.
    Klo ada yang belum dibalas, hubungi aja saya ya!!

    Kalau memungkinkan akan saya bantu..
    OK!

  5. iyuph mba…saya juga skripsinya ttg fenomenologis-corporate culture, tapi masih buta soal itu…
    butuh bab 1 dan bab2 sebagai referensi.

    terimakasih…

  6. Saudara Rottee

    Saya tertarik dengan kajian fenomena yang telah anda teliti ini…
    jika tidak keberatan saya ingin tahu lebih jelas mengenai komunitas homo ini, karena saya juga sedang meneliti kasus yang sama.
    Bolehkah saya mendapatkan informasi dari anda mungkin dapat dikirim via e-mail…
    terimakasih untuk bantuannya…

  7. ass.. mba..
    kasus yg mba ambil dlm skripsi mba..
    klo boleh,saya mau minta bantuan mba..
    saya mau minta contoh skripsi mba..
    disini saya mau meneliti kehidupan homoseksual di kota bandung..mgkn skripsi mba bs menjadi acuan buat skripsi saya..
    makasih ya mba..

  8. hi mba rottee
    saya mhs fikom unpad lagi mau menjalankan skripsi serupa tapi pake pendekatan dramaturgis ..pengen sharing2 nih gimana caranya mencari data waktu masuk ke dunia homoseksual..apakah mereka sendiri tahu kita itu lagi melakukan penelitian? intinya mereka mesti tau atau engga.. banyak bgt yg pengen saya tanya nih..^ ^ kalo ada YM boleh bgt nih saya add..makasih yahh..

    ythns87@yahoo.com

    • Dear Ruth,
      Ehem, kalau kita ingin melakukan penelitian dengan kaum homoseksual. kita harus mendapatkan sampel denbgan menggunakan metode sampel snow ball, jadi mereka kita harus kenal dulu satu orang gay..lalu mereka nantinya akan dikenalkan satu per satu, dari orang ke orang yang lain.
      NAh, untuk awal penelitian biasanya kita berbohong, setelah kita mulai dekat, maka kita boleh berkata jujur bahwa kita kana memulai suatu penelitian tentang komunitas mereka. memang agak sulit, tapi justru itulah nikmatnya, karena kita ditantang untuk dapat membuka lubang rahasia mereka. Semuanya tergantung cara pendekatan kita juga sih., Ok, smoga sukses ya!!

      Buat Ade dan Clementyne, ntar deh..saya kirimkan, ok2…smoga terbantu juga ya..
      asal janmgna plagiat..hahaha

    • Dear Ruth,
      sampel snow ball itu maksudnya..
      seperti menggelindingkan bola salju, pasti kita mengenai satu per satu gundukan bola salju..

      Nah, kamu harus mendekati satu orang responden gay..lalu, setelah terasa dekat dan cocok, maka dia akan membawa kamu ke te3mannya yang laen..
      Begitu seterusnya, temannya akan menuntun kamu ke teman gay yang lain..Sampai kamu mengumpulakn beberapa respondne..

      BEgitu caranya..

  9. haluw..
    aku lagi kerjain skripsi pake metode fenomenologi ni..
    tapi masih bingung..
    kalo boleh, pengen sharing dong soal fenomenologi by email atau mungkin chat gitu..
    thx

  10. Gue banci salon yang jadipeserta be a man
    kalo ada yang mau ama gue add gue ya

    http://www.manjam.com/belamino

    gue cakep dan suka koleksi celana dalem sexy
    karen gue sendiri sexy kayak jupe alias Julia Perex
    gue masih imut dan brondong meskipun perut gue udah rada kendor karena baru melahirkan cucu pertama
    tapi gue udah di kiret dan makin montok kayak ruben dan olga
    hobi gue cengengas cengenges
    ini foto gue yang lagi nyengir

    http://www.manjam.com/kobudi

    http://www.gayanusantara.org

    add yaaauuuu

  11. selamat malam rotte,
    saya mahasiswa Fikom Unpad dan saya rencananya ingin meneliti mengenai “fenomena citizen journalism”
    bisakah kira-kira penelitian ini menggunakan metode fenomenologi komunikasi?
    kira-kira buku apa yang perlu saya jadikan referensi?
    kalau memungkinkan, bolehkah saya melihat soft copy mengenai metode penelitian ini?

    terima kasih banyak :D

    amalautoradio@yahoo.com

    • Oh, tentu saja bisa kok menggunakan teknik pendekatan fenomenologi, karena ini memang salah satu metode peneltiian dalam komunikasi.
      Ok, ntar saya kirimin dhe sofcopy nya..dengan syarat..jangna plagiat..hehehe..

      Cu

    • Setahu saya, kalau penelitian yang masih menggunakan jduul pengaruh itu, masih berada dalam paradigma positivis yakni masih menggunakan metode korelasional ayng mencari hubungan ataupun sebab akibat,. COntohnya judul anda yang berusaha untuk meneliti apakah ada pengaruhnya antara berita online terhadap kepercayaan pembaca. NAh, itu tidak menggunakan metode fenomenologi, tapi ke penelitian korelasional.

      Mungkint eori ayng dapat diaplikasikan seperti Uses and Gratificasion. Ok, semoga sukses..

  12. Aslm.
    mbak Rottee…
    saya desta,
    mahasiswa Psikologi USU, medan..
    saat ini saya sedang mempersiapkan skripsi saya,, kebetulan tema yang diambil juga mengenai homoseksual di kota medan..
    kalau tidak keberatan, saya ingin tahu dari mana mbak mendapatkan subjeknya..?
    lalu, apakah mbak bisa menghubungkan saya dengan subjek mbak?
    saya hanya membutuhkan 1 orang subjek saja..
    saya sudah berusaha mencari, tapi sulit sekali untuk mendapatkannya…
    terima kasih sebelumnya mbak,,
    saya harap mbak membalas pesan saya ini..
    ^_^

    • hai2…
      salam kenal juga
      gmn ya..agak2 ribet..mereka itu gampang tersinggung klo ga kenal gitu dekat..
      tapi saya usahain ya..kamu mau teliti ttg apa??

  13. hai, salam kenal

    sy lagi kerjain skripsi mengenai komunitas sejenis, pada awalnya sy pake pendekatan teori interaksi simbolik, namun dosen pembimbing sy lebih menekankan pada pndekatan fenomenologis sy jd bgg nih…

    kalo boleh, bs ga sy mlhat pendekatan teori dan metode penelitian skripsi anda… mhn bantuannya… ini email sya rhe_zal@yahoo.com

    thx

  14. mw teliti tentang gambaran internalized homophobia pada gay mbak…

    Di latar belakang saya harus mewawancarai responden untuk memperkuat teori mbak…

    Makasih sebelumnya yah mbak…
    ^_^
    Kira2, apa yang bisa membuat mereka yakin kepada kita yah mbak?

  15. selamat malam mbak…
    Saya mhs psiko yg sedang mengerjakan skripsi dgn tema besar seniman dan aktualisasi diri. Sbenernya saya masih agak binggung mengenai metode penelitian kualitatif yg bagaimanakh yg sesuai untuk pnelitian Saya. Stelah melihat abstrak skripsi mbak, Saya jdi tertarik mengenai metode fenomenologis & ingin berdiskusi lebih jauh ttg metode tsb dgn mbak. Apakah bisa?

    Skalian jika diperkenankan Saya ingin minta contoh skripsi mbak, agar mendapt gambaran mengenai skripsi yg menggunakan pdkatan fenomenologis.

    e-mail Saya: nanda_yuu@yahoo.com

    mhn bantuanya ya…
    Trimakasi banyak…

  16. ass. wr. wb.
    Dear mba rottee..

    Sy sdg menyusun skripsi nih,kebetulan sama dengan mba, kualitatif dgn pendekatan fenomenologis. sy membahas tentang komunikasi non verbal dari komunitas masyarakat tionghoa/cina dalam melakukan tradisi kebudayaan mereka.

    apakah blh berkonsultasi atau melihat format skripsi mba. di kampus jarang sekali ada yg menggunakan metode ini, sehingga sy kesulitan mencari format penulisan yg benar.

    mksh sblmnya, wassalam..

  17. assalamualaikum
    mbak, aq rifa,ni lagi butuh rekomendasi mbak.
    sebenarnya aq tertarik sm fenomenologis ini..tapi referensinya masih kurang…
    mohon bantuannya mbak….
    mungkin mbak bisa kasih info soal referensi biar sy lebih gampang nentuin judul dengan pendektan ini.
    makasih ya mbak….

      • assalamualaikum.
        makasih banyak ya mbak…..
        tentu akan sangat membantu…
        yang pasti sy bkn plagiator….
        saya tunggu mbak…
        makasih…Allah ja yang balas ya mbak…
        hehehe
        jadi makin semanagt ngerjain skripsi ni..
        ^_^

  18. Roro, salam kenal gw anugrah. gw mahasiswa komunikasi unuv padjajaran bandung. dan sekarang gw lagi memutuskan untuk mencoba mengambil penelitian kualitatif untuk skripsi gw dan subyek penelitian gw adalah komunitas gay di Bandung..

    Boleh ngga aku minta softcopy dari skripsi roro buat jadi bahan masukan buat skripsi gw..Dan kalopun boleh pastilah itu bakalan sangat membantu gw ro..

    Ini alamat email gw ya ro..: anugrah.wijaya@gmail.com

    Thanks ya row..gw tunggu balsanya di via email aja..

  19. Buat teman teman semua yang belum saya kirimin .softcopynya..maaph ya..belum sempat trus lupa deh..maaph bgt..mungkin bisa di krm comment lage aja, tar saya krm via email.

    thx!!

  20. Assalamu’alaikum

    mba nur aini saya sedang menyusun skripsi neh mengambil studi fenomenologis,,tapi di kampus saya masih minim untuk studi fenomenologis,,kalo mba izinkan saya mau minta soft copy nya..n saya sama sekali g ada niat untuk plagiat..Thanks
    Wassalam

  21. Juragan, salam kenal.. saya Doni dari Universitas Trisakti, kebetulan sekarang saya lg meneliti tentang pendekatan fenomenologi yang melalui pendekatan sosial. Kalo bisa saya minta soft copynya ya gan.. untuk bahan referensi saya.. terima kasih

    email = rzee789@yahoo.com

  22. assalamualaikum mbak.. saya doni dari universitas trisakti. Kebetulan saya sedang ditugaskan untuk meneliti pendekatan fenomenologi. Saya boleh minta softcopy nya ga mbak? mohon kirim ke rzee789@yahoo.com ya mbak.. terima kasih.. assalamualaikum

    • Wah..ini namanya rezy ato doni neh..
      salam juga ya gan..hehehehe…

      tar gw krimin deh.jurusan apa neh di trisakti??soalnya gw juga punya kenalan disana,,hehehehe..btw, penelitian apa neh dengan metode fenomenologi??

      Ok deh..semoga beruntung..
      Tetap semangat!!

  23. halo…
    mungkin ketertarikan komunitas peneliti, pada metodenya dan juga subjek dan objek penelitian. di salah satu blog malah ada yang nyaranin klo fenomenologi itu di seminarkan. saran saya , tawarin aja tuh ke penerbit hasil penelitian ini . kayaknya bakal laku banget…eh penelitian ini tahin brapa ya…

    • iya, benar..kemaren ada juga tmn dari bagian penerbitan yang menyarankan hal yang sama..
      tapi berhubung saya sibuk, jadi ga sempat juga buat mengedit skripsi ini utk dijadikan buku..
      penelitian ini taon 2008 kemaren..

      thx ya uda nyinggah ke blog saya

  24. sama2. sbenanya saya juga tengah nyusun penelitian tentang fenomena beragama dgn mtd fenomenologi dan objek penelitiannya komunikasi verbal dan non verbal . tapi referensi penelitian sejenis masih dikit, gimana klo saya bisa dapat soft copynya…or hanya teori/krangka pikirnya saja…mohon ijin juga klo nanti abstraknya di adopsi..thk banyk

  25. mba……saia juga sedang konsen skripsi dengan judul yang hampir sama dengan skripsi mba, saia sudah email ke mba…..
    dengan perspektif fenomenologi, khususnya dengan teori interaksi simbolik,
    mohon bantuannya…terima kasih

  26. assalamu’alaikum mba..

    salam kenal. sy ika, mahasiswa komunikasi univ padjadjaran bandung. sekarang sy memutuskan untuk mencoba penelitian kualitatif dgn pendekatan fenomenologi untuk skripsi. objek penelitian sy adal wartawan. blh minta contoh bab I n II, serta daftar pustaka (buat rujukan, buku2 fenomenologi apa yg bisa sy pakai sbg sumber)

    tlg kirim ke e-mail sy y mba
    mkasi..

    sukses selalu buat mba’ rottee =)

  27. mbakk..
    saya mau bikin skripsi ttg pola penemuan informasi di kalangan gay, tapi bingung pendekatannya, bisa mohon bantuannya kah?
    soalnya saya bingung, apa kajian inf seeking behaviour ini reliable ditliti di kalangan gay gitu, makanya mau tanya2 sama mbak rottee..
    saya juga mau softcopy-nya mbak bwt referensi, bolehkah?
    terimakasih ^^

    • sebenarnya pola pencarian respondennya dulu yang penting..
      kita pakai sistem snow ball, yaitu mencari satu responden, dan responden tersebut memperkenalkan kita ke responden berikutnya..
      begitulah seterusnya..sesuai dengan istilah teknik penarikan sampelnya, snow ball, bola salju digelinding untuk mengenai bola salju lainnya…
      soal softcopy..tar saya kirimkan ya..
      ok2..gudlak!

  28. halo sis :)
    boleh minta bantuannya ga? saya ada tugas dari matkul metode penelitian kualitatif buat nganalisis penelitian yang memakai pendekatan fenomenologi. nah, bolehkah saya menganalisis skripsinya sista? kalo boleh, mohon kirim ke email saya yah sis ;)
    thankies ^^

  29. dear mba rottee yang baik hati :)

    mba aku boleh minta soft copynya enggak mba, aku mahasiswa upi jurusan bahasa inggris, aku mau meneliti tentang kaum gay juga tapi lewat teory intercultural communication especially gender discourse, aku lg nyari referensi2 skripsi tentang lgbt kayak gini mba, walapun aku msih smester 7 tp aku sekarang udh mulai nyusun skripsinya mba,,
    trus nnati aku mau nanya tentang tips2 untuk melakukan skripsi ini dan pendekatan terhadap mereka juga ya mba :)
    mohon bantuannya ya mba,,

    thank’s a lot

    sincerely
    rizky

    • ok..tar saya kirimkan..
      semoga bermanfaat..
      dan ingat, jika mengutip dari skripsi saya, lampirkan kutipan..tar bisa2 di cap plagiat..hehehe

      gudlak..

  30. siip mba,,,
    klo aku quoting pasti aku lampirin kok,,
    aduuhh makasih banyak ya mba :)
    doain ya mba mudah2an bisa sukses skripsi akunya :)

  31. mba sekali lagi makasih banyak ya mba,, udah nyampe emailnya :)
    bner mba makassiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh buaaaanyaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk:):):)

  32. mba aku lg boleh minta bantuannya ga?
    aku lg ada tugas matkul metode penelitian kualitatif
    disuruh buat proposal penelitian fenomenologi, nah aku tertarik bgt sm penelitian mba.. kalo boleh aku minta softcopy BAB 1 mba bwt referensi aku mba.. makasih bgt loh mba buat bantuannya..

  33. mba aku lg boleh minta bantuannya ga?
    aku lg ada tugas matkul metode penelitian kualitatif
    disuruh buat proposal penelitian fenomenologi, nah aku tertarik bgt sm penelitian mba.. kalo boleh aku minta softcopy BAB 1 mba bwt referensi aku mba.. makasih bgt loh mba buat bantuannya.. ini alamat email aku mba.. mohon bantuannya yah mba
    lulu_latifiana@yahoo.com

  34. selamat pagi mba,, kenalin saya ello,,,saya anak NTT yg bekerja di sebuah lsm swasta di bagian penanggulangan hiv aids,,,saya juga seorang pendamping gay,,,yg ingin saya tanyakan ,,,bagaimana caranya membuat buku atau sebuah penelitian tentang kehidupan gay?langkah2 apa saja yg harus saya lakukan?kalo bisa tlng dikirmkan contoh penelitiannya ya ke email saya stephenmarcello@rocketmail.com

    • Hai Ello, maaf sekali ya saya baru sempat bls nya skrg…
      Dalam membuat sebuah buku, kita tentunya harus punya langkah-langkah yang menjadi acuan kita dalam menulis. Hal yang pertama kamu harus lakukan adalah, lengkapi semua otobiografi dan kegiatan dari kaum gay tersebut, jangan lupa selipkan juga kisah yang menyentuh dan memiliki unsur human interest sehingga orang nantinya akan tertarik dengan buku yang Ello buat.
      Mengenai penelitian saya, ntar saya kasih kamu ya..ok!!!

  35. mba rotee…
    aku lagi bingung ni cari referensi buat skripsi aku.
    aku anak fikom unpad,lagi neliti tentang manajemen komunikasi PSK under 18 pake fenomenologi juga.
    cuma aku cari referensi di kampus susah bgt.
    boleh minta soft copy ga mba?aku juga mo tanya referensi buku yang bisa dibaca untuk penelitian fenomenologi…

    makasih mba
    (^_^)
    ni email aku: ken_arum_probowati@yahoo.com

    • ok deh..tar aku kirimin ya softcopy nya skripsi ku..ntar kalau ada yg di kutip, jangan lupa buat di daftar pustaka, ntar jadi dikirain plagiat..hehehe
      smoga bermanfaat..

  36. mba… boleh minta berbagai pengertian fenomenologi. tentang pendekatan dan kajiannya secara detail. saya lagi skripsi soal tatto,, baru bab 1 aja pusing. waduh.. kalau boleh, minta bantuannya.
    minta tenatng fenomenologinya saja. atau kalau memang berkenan, boleh juga memberikan contoh skripsinya hehe.

    thx a lot

    astrajingga.swastika@yahoo.co.id

  37. mba rottee..aku rini mahasiswa fikom unpad..
    aku boleh minta alamat ym mba ga?? jika memungkinkan aku mau tanya2 tentang fenomenologi mba..kebetulan aku pengen neliti kaum gay juga buat skripsi cuma beda obyek :)

    boleh ga aku membaca soft copy skripsi mba rotte?? biar dapet gambaran fenomenologi seperti apa..soalnya seperti yang sudah disebutkan senior2 saya d atas, di kampus sedikit sekali referensi tentang fenomenologi..

    makasii mba rotte sebelumnya..smoga kita bisa berkorespondensi dgn baik :)

  38. mba rottee yg baik hati,,,aku mahasiswa trisakti please aku lg teliti tentang kaum komunitas gt.aku minta softcopynya boleh??? please ya mbak ro, thanks before

  39. mba rotee…
    mba mohon dibantu aku lagi bikin skripsi tentang gay juga lebih tepatnya ttg bahasa non verbalnya, aku boleh minta dikirimin yang lengkap punya mba g buat reeferensi aku niy….
    tks b4

  40. mba mohon bantuannya untuk dikirimin skripsi mba lengkap buat reverensi saya…
    saya juga sedang mengangkat ttg homoseksual namun hanya bahasa non verbal yang digunakan.. saya masi bingung ttg pendekatan yang digunakan apakah fenomenologi atau interaksi simbolis…
    mohon dibantu…
    tks

  41. ass.. mbak
    quh lala, quh bingung mbak ttang jdul skripsi, jdul yang quh bwt ” penelitian terhadap penyimpangan perilaku homoseksual (studi kasus di kota Cianjur). Kebetulan sya jurusan bimbingan penyuluhan islam.
    Menurut mbak gmn ea…
    klo bsa blsnya lwt email aj..

    • Walaikumsalam Lala,
      Untuk masalah penyimpangan perilaku, itu menjadi di ranah abu-abu saat ini. Karena dari bidang psikologi sendiri sudah menyatakan bahwa homoseksual itu bukan penyimpangan lagi, melainkan orientasi hidup ataupun pilihan hidup seseorang. tapi jika dikaji dari segi agama, tentunya merupakan sebuah penyimpangan. Untuk membuat sebuah penelitian tentu hal ini yang harus dimiliki, yaitu sebuah fenomena memiliki nilai pro dan juga kontra di masyarakat umum.
      Semoga membantu :)

  42. ass mba …nie ma raden mau mnta tolong aq ada tugas tentang fenomenologi penelitan kualitatif saya mau mau liat skirps ya mba buat bahan renperensi aja zoc aw binggung mba saya juga mau cari tai tentang gay yang ada di bandung,,,,tapi sya pengen naya klo judulnya tentang aborsi dikalangan remaja bagus ga mba,,,,?///makasih maaf ya mba,,,saya minta tolong….

    • walaikumsalam Raden,
      Boleh aja, silakan tar saya kirimkan deh softcopynya ke email kamu.
      Untuk judul tentang aborsi juga boleh, tapi lihat dari sisi fenomenologi itu lebih mendalam loh, lebih dalam lagi dari kualitatif yang studi kasus..

      Coba2 aja dibaca skripsi saya, siapa tahu dapat membantu…
      Gudlak buat tugasnya :)

  43. aslkm. sister, saya ingin melakukan penelitian fenomenologi tentang game online dikalangan anak-anak, tapi masih buram..punya saran? dan kalau tidak keberatan, sy minta softwer penelitiannya untuk dipelajari. terimakasih.

    • halow…
      minta software? saya ga pake software khusus kok? apa yang kamu maksud softcopy ya??
      Mengenai game online di kalangan anak2..kira2 apa permasalahan pro dan kontra terhadap fenomena itu…Karena itu hal ataupun starting point yang harus kamu miliki…Ok..
      Gudlak..

      • iya maksudnya saya minta di email softcopy nya y..:)
        just4qie@gmail.com

        jadi permasalahannya gini: game online sangat merebak; bukan sekadar hiburan, tapi kecanduan. di hampir semua umur dan kalangan.

        tapi ada yang saya bingung juga sih, apa ngambil dari sisi fenomenologisnya atau dari sisi interaksi simboliknya. ada masukan?

      • Lebih bagus kamu ambil ke fenomenologisnya deh..kalau ke interaksionisme simbolik, mereka tidak terlalu menggunakan simbol2 tertentu ketika akan berinteraksi antara sesama gamers di luar ataupun dalam komunitasnya..
        Ok, tar saya kirimkan softcopynya..
        Semoga bermanfaat…

  44. maav mba . aku boleh pake tulisan mba diatas tentang penelitian mba untuk kajian pustaka di skripsi aku ?
    kalo boleh , aku cuma minta nama lengkap mba , NIM (nomor induk mahasiswa) waktu mba buat penelitian itu , universitas mana , sama tahun brapa mba buat penelitian itu .
    aku cuma butuh itu aja mba ..
    tolong aku ya mba .
    trimakasih :)

      • makasih ya mba .
        mba ngebantu bangettt kajian putaka akuuu .
        semoga sukses ya mba .
        hehehehehe .

  45. maav mba , ada yang ketinggalan . kesimpulannya lupa aku minta mba . hehehheheh .. selain butuh data mba , aku juga perlu kesimpulan buat kajian pustaka aku ..
    maav lho ngerepotinn :)
    mohon bantuannya .

  46. aslm.., hi mba rotua..,,,
    salam kenal.., aq sindi dr komunikasi undip., aq tertarik dgn penilitianmu..
    kebetulan ni jg lagi nyusun skripsi ttg memahami pemaknaan identitas diri komunitas graffity.., rencananya pke fenomenologi… pengen diskusi banyak dgn drimu…,,

    kl boleh aq jg mau liat skripsi mu..,,

    ini email ku : she_ula@yahoo.com

    please file me if u can..

    thx b4

    salam, sindi

    • walaikumsalam Sindi,

      Ok, boleh aja diskusi..komunitas grafifity itu apa ya?hehee..maaf kurang tahu soal komunitas itu…
      Ok, saya emailkan ke kamu softcopy saya..
      Semoga dapat membantu penelitian Sindi..

  47. kak rottee, saya mahasiswa UNAIR Surabaya. Ingin meneliti hal yang sama yaitu tentang lesbian di Surabaya dengan menggunakan studi fenomenologi, namun di kampus saya belum ada yang teliti tentang itu. Jadi boleh saya lihat skripsi kak rottee sebagai referensi? Jika diijinkan, silahkan kak rottee kirim ke email ica.lampard@yahoo.com

  48. dear kak rottee…
    kak… saya pengen nulis soal tki di LN. soal kombudnya. bgmn mrk beradaptasi, hambatannya, dll. kebetulan kampung halaman di perbatasan, jadi sekalian pulkam maksudny. hehe… kira2 bisa ga ya kalo pake fenomenologi? bisa minta bantuan referensi? trims bgt ya. di tunggu jawaban via email ya… :)

  49. pagi mb…
    saya mau menulis mengenai tki dengan menggunakan fenomenologi. tapi masih bingung nih. bisa minta bantuan skripsi mb sebagai referensi. trims. ini alamat email saya. niaj02@yahoo.com
    trims lagi. :)

  50. Pagi Mba Rottee…., saya mahasiswa psikologi tahap akhir yg sdg mengerjakan skripsi kualitatif dan tampaknya fenomenologi akan saya pergunakan untuk skripsi saya, jika mba berkenan..boleh saya melihat skripsi mba ini? (setelah membaca abstraknya saya sangat berharap skripsi mba bisa membantu saya sebagai contoh)…terima kasih banyak…:D

  51. Selamat pagi mba Rottee, saat ini saya tengah menyusun tesis tentang respons stakeholders terhadap penerapan Perda Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. Metode Penelitian yang akan saya gunakan awalnya adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research, namun kemudian atas saran pembimbing diubah dengan pendekatan fenomenologis. Mengingat bahwa saya masih sangat awam dengan metode pendekatan fenomenologis tersebut, sebagai bahan referensi saya mohon perkenan mba Rottee untuk mengirimkan softcopy skripsi nya ke email saya : prawiba@yahoo.co.id.
    Atas bantuan nya saya sampaikan terima kasih

  52. Hai mba,.lam kenaal :)
    saya dari jurusan keperawatan,kbetulan saya mau mengambil judul penelitian tentang pengalaman hidup pengguna napza,.oleh karena itu penelitian saya menggunakan metode kualitatif,.cuma saya masih bingung dengan penelitiannya,.
    kalo berkenan tlong dkrim skripsi lengkap nya ke email saya ya mba,.
    aiiu.chuby@gmail.com

    ditunggu ya mba emailnya,.
    trimakasih :)

  53. kak, aku lagi meneliti tentang studi fenomenoligi juga..tapi kita beda objek..aku mau info tentang kajian fenomenologi juga… boleh minta info gak???? thanks

  54. ass.wr.wb
    mbak saya jg mau penelitian ttg gay nech,,,kualitatif jg kayanya,,,blh sya mnta kirim soft copy mbak utk referensi????/trmksh

  55. assalam,
    mbak, saya mahasiswa psikologi usu, mau meneliti tentang komunitas gay di kota medan , bisa gak saya minta softcopy skripsi mbak untuk referensi ?
    terima kasih sebelumnya .,…
    sukse terus ya mbak….

  56. assalam,
    mbak, saya mahasiswa psikologi usu, mau meneliti tentang komunitas gay di kota medan , bisa gak saya minta softcopy skripsi mbak untuk referensi ?
    terima kasih sebelumnya .,…
    sukse terus ya mbak…

  57. Assalamualaikum,
    saya mahasiswi psikologi dan kebetulan saya juga berminat menulis skripsi tentang komunitas gay, boleh ga saya minta file softcopy nya untuk referensi?

  58. wah, mbak saya boleh tahu2 banyak neh ttg penelitian homosexualitas. boleh tak saya minta data-datanya mbak untu debate saya mbak. saya pro HOMO mbak. heheheheheh. makasih mbak, tapi saya gak plagiat kok mbak.

  59. Assalamualaikum,
    Rotte,saya mahasiswa fikom Budi Luhur Jkt dan kebetulan saya juga berminat menulis skripsi menggunakan fenomenologi,tp ttg blogger. boleh saya minta file softcopy nya untuk referensi??
    sukses buat artikel yg lainnya jg ya.. & say no to “plagiat”
    thanks before.

  60. Assalamualaikum,
    Rotte,saya mahasiswa fikom Budi Luhur Jkt dan kebetulan saya juga berminat menulis skripsi menggunakan fenomenologi,tp ttg blogger. boleh saya minta file softcopy nya untuk referensi??
    sukses buat artikel yg lainnya jg ya.. & say no to “plagiat”
    thanks before.

  61. mbak rotee aku mw tanya ni. aku mw ambil pnel fnomenologis dg subjek remja pcrn yg uda pernah melakukn hubungn bdan. tu baiknya disorot dr segi apanya ya mbak ntar fokus peneltiannya?
    aku bingung bgt ni, blm nemu judul yg cocok jg. smg mbk berkenan membantu. mksih mbaaak

  62. hello mbak rotte..

    nama saya Lia dr mahasiswi fikom bandung, klo berkenan aku boleh minta softcopy skripsinya juga? aku sedang melakukan penelitian ttg studi fenomenologi komunitas hijabbers… terimakasih yaaa…

    noleeFee@yahoo.com

  63. hai mbak.. bole gak saya minta soft copy tentang fenomenologis homoseksualnya.. kebetulan saya lagi buat skripsi tentang itu.. thx before

  64. assalamualaikum mbk rotee. aku lagi skripsi n ambil fenomenologis jg. aku ambil ttg fenomena anak pcrn yg skrg ni melibatkan adanya hubngn bdan dlm pcrannya. ntar yang disorot apanya mbk ya biar sederhana tapi menarik? trus judulnya gmana? aku btuh bgt sarannya ni mbak. lagi bingung.hehe.
    boleh minta soft copynya bwt tuntunan ngerjainnya ga mbk? mksh banyak sebelumnya

    • hai lala,

      Fenomenologis umumny melihat sebuah fenomena dari sudut pandang yang banyak dan dari diri objek pelaku. Jik ingin mengangkat masalah mengenai seks bebas di remaja, maka perspektif yang diteliti haruslah dari sudut pandang si pelaku tersebut pertama kalinya. Setelahnya baru anda dapat berargumen.

      Nanti saya akan kirimkan email softcopny nya ya…

  65. slm knal mba… aku eva mhasiswa komunikasi
    liat skripsi mba jd terinspirasi buat pake fenomenologi jg niih…
    boleh sharing yaa ttg skripsinya,, soal na masih ngblank juga rencana na mau ngambil fenomena korean wave gitu..
    boleh minta referensinya ga mba…??? makasiih…

  66. hallo mbaa…
    aku eva mhasiswa komunikasi jg, lg mau nyusun rencananya mau ngangkat ttg fnomena korean wave gtu,,,,
    tp skrg masih ngblank banget ttg pndkatan fnomenologi na,,boleeh aku mnta softcopy na ga buat tuntunan aku buat nyusun hhee :-) makasiih lho yaa sblumnya…

  67. salam kenal mbaa…
    ake eva mhsisiwi komunikasi bdg, kbetulan aku lg nyusun skripsi pke fenomenologi juga kalo boleh aku minta softcopy skripsi mba buat pegangan aku
    bantuan mba akn sngt membantu aku tenkyu sblumnya…

  68. salam kenal mbak, saya mahasiswi jurusan statistik kependudukan, sekarang sih masih buat tugas metode penelitian tapi insya’Allah mau dilanjutin buat skripsi nanti..
    saya mau ngambil topik tentang homoseksual terutama yang lesbian, nyari-nyari buku dan penelitian yang menyangkut lesbian masih sulit dibanding yang gay..
    boleh minta referensi buku-buku yang berkaitan dengan tema ini?
    thanks sebelumnya..

    • Hai Mumus,

      Untuk buku tentang homoseksual masih jarang, apalagi yang lesbian. Saya juga lupa pernah membaca masalah penelitian lesbian itu di literatur mana, tapi jika nanti saya temukan akan segera saya email Ok..

  69. hai rotte..

    saya mahasiswa UNAIR, lg cari – cari referensi untuk penelitian fenomenologi karena perpustakaan kajian fenomenologinya sedikit sekali :( Klo boleh dikirimkan soft copy skripsi fenomenologinya ke email thanks banget..
    ayu.faradila@gmail.com

    thanks thanks thanks :)

  70. Salam…
    Saya Mahasiswa S2 Komunikasi…
    Saya tertarik untuk dengan fenomenologi dan untuk tesis rencana mau angkat fenomenologi mantan penderita kusta, kalau boleh dikirimkan softcopy skripsinya..

  71. hai rotte..

    boleh kah saya meminta softcopynya.. saya mahasiswa yang akan menghadapi skripsi dan akan berencana akan mengambil metode penelitian fenomenologi… sangat membutuhkan referensi mengenai penelitian fenomenologi

    mohon kirim ke email notforsaletea@rocketmail.com

    terima kasih terima kasih sebelumnya :)

  72. bleh ngga mbak saya minta informasi seputar apa yang anda teliti.. penelitian saya juga hampir sama kayak gini, tapi belom dapat gambaran bab 1 nya.. mungkin mba bisa kirim via email :) makasi ya mbak.. maaf telah merepotkan laurenciaandala@gmail.com

  73. oiya mba 1 lagi.. butuh kira2 berapa orang yang dijadikan informan? saya punya 4 temn gay.. apa itu cukup? dan bagaimana saya bisa melakukan penelitiannya mba? bisa sedikit ceritakan pengalaman emba pas ngelakuin penelitian ini? makasi yaa.. maaf banyak nanya :)

    • Saya kemaren pake 3 informan. dan saya rasa itu sudah cukup karena mereka gay dari latarbelakang kehidupan, pekerjaan dan hobi serta suku/agama yang berbeda. Pengalamannya lumayan capek, karena harus sering2 kumpul2 dengan mereka biar bisa eksis di kalangan mereka dan diterima, so bisa deh dapat info..heheheh

  74. Kak, saya mahasiswi UG fikom tingkat akhir. Dan disuruh pembimbing saya pakai metode fenomenologi. Sedangkan saya beserta 4 teman yang lainnya, masih buta dgn metode ini. Sedangkan saya diharuskan meneliti sebuah media massa. Kalau Kak Rotte berkenan, saya boleh meminta softcopy skripsnya?. Karena itu akan menjadi referensi emas buat saya.

    Sebelumnya makasih ya Kak :)
    ini emailnya: devifristika@yahoo.com

  75. Kak Rotte, saya mahasiswa yang memiliki deadline skripsi 6 bulan. Fikom. Saya boleh jadiin skripsinya kak Rotte referensi gak? Habis saya bingung gimana penyusunan dan cari referensinya, dan disuruh menggunakan metode fenomenologi pula–itu yang buat saya susah cari referensinya. Kalau boleh, saya minta softcopy nya dong Kak.

    Makasih ya Kak :) icesummer@rocketmail.com <<ini emailnya

  76. Kak Rotte, saya mahasiswa komunikasi yg sedang menjalani skripsi. Saya boleh jadiin skripsi Kak Rotte sbg referensi gak?. Habis saya bingung mau cari referensi dan cara penyusunan–dengan metode fenomenologi. Jadi–saya ingin minta softcopy skripsi punya Kak Rotte. Bagaimana Kak?. Makasih ya Kak Rotte, sebelumnya.

    ini email saya: icesummer@rocketmail.com

  77. ass ,,aq seorang mahasiswa jurusan bimbingan konseling semester 8 dan berencana akan meneliti tentang fenomena kaum gay di kota padang, tapi aq masih ragu kalau nanti aku mengajukan judul skripsi ini aku takut persepsi orang tentang aku,kenapa aku meneliti ini jangan2 mereka mengira kalau aku gay……..
    .itu studi kasus atau studi fenomenologis mbak……??
    aku sangat tertarik untuk meneliti ini mbak ,tolong aku ya…
    sebelum dan sesudahnya aku uccapkan terima kasih……..

    • Walaikumsalam,

      Kenapa harus takut di cap gay..biarin aja, kalau kita tertarik lanjutin aja..Ingat gak sih, salah satu syarat skripsi itu, si peneliti wajib merasa tertarik terhadap penelitian tersebut, makanya peneliti mengambil judul tersebut…so gak usah ditanggepin berlebihan opini yang berkembang…

      Aku kirimkan ya softcopnya, semoga membantu….

  78. hallo mbak rottee,saya mahasiswi smester akhir jurusan mass.comm, skrg sedang skripsi dan skripsiku membahas tentang homoseksual. aku boleh minta soft coopy nya gak mbak rottee ? terutama bab 1 dan 2, soalnya aku udh cari km2 referensi sumber / buku tentang homoseksual, tapi susah bgt didapet. udah buntu cari informasi ttg homoseksual. boleh ga mbak rotte aku minta soft copy nya ? buat referensi skripsi aku. makasih banyak sblm nya ya mbak rotte. mudah2an boleh minta soft copy nya :D
    kalo boleh, kirimin ke emailku ya mbak : floor_jazz@yahoo.com
    terimakasih

  79. hai ka rotte ^_^
    saya mista dari mahasiswa fikom Bdg semester 4..
    kebetulan waktu searching skripsi kk sama kaya tugas yg aku buat,, tentang pendekatan fenomenologi.. boleh liat ga ka soft copy nya? biar jadi bahan referensi belajar nih ka.. :) makasih

    • Hi Mista,

      Saya akan segera kirimkan email softcopynya ke kamu ya..semoga dapat membantu tugasnya mengenai pendekatan fenomenologi..
      cheerrs

  80. hai rotte..kebetulan lg puyeng cr referensi tt homoseksual nemu nie blog deh.aku boleh minta kirim juga gak file km ini. kebetulan aku anak unpad jurusan D4 kebidanan yg meneliti ttg kaum lesbian tp yg berhubungan dngna kesehatan nya ja si,ya sapa tau nie bs jd referensi. betul katamu jk kita mau meneliti sst hrs tertarik dl,gak usah takut persepsi orng,kl kita enggak so what aja toh.aku tunggu ya rotte.mksi bnyk sebelumya

    • hai Shinta,
      hahahhaha..puyeng makan obat sakit kepala atuh neng…jangan dibawa suntuk..hahahahha….Segera ku kirim ya email softcopnya ya ya…Ok:I
      Gudlak dengan para lesbiannya ya. semoga berhasil, kawan….

  81. adukh kak Rottee trnyata dunia ini sempit ya,,, nemu jg di blog ini asdos Kom.Pemasaran ku… heheheee
    Aku vivi, mahasiswi ekstensi FISIP USU…kak kebetulan ini aku lg cari2 ttg penekatan fenomenologi,, bs mnt softcopynya gk kak??? aku lg bingung krn aku mau ngambil judul tentang marketing tp lebih ke pendekatan fenomenologinya… bs bantu gk kak?? tq :)
    emailku; vivi.asnita2008@gmail.com

  82. Hy rottee, aku lg buat thesis mengenai kaum gay nih. boleh minta softcopy’a utk referensiku, krn aku butuh info mengenai komunikasi kaum gay seperti apa di komunitas’a. Emailku: cypoeth@yahoo.com
    Thanks ya dear..

  83. dear mba rottee

    mba aku boleh minta soft copynya enggak mba, aku mau meneliti tentang kaum gay juga..untuk bahan referensi.(mimi.jumiati@yahoo.com)

    thx :)

  84. kak rotte.. saya mau meneliti tentang pria metroseksual tetapi pake pendekatan fenomenologi. saya masih bingung gmn pendekatan fenomenologi itu kk, bisa bantu saya.. kirimkan soft skripsi kk ke (desiangriani90@gmail.com) mkasih

  85. salam mba rotte,

    mba ak boleh mnta soft copy skripsi mba gak?
    ak skrng sedang menyusun skripsi tentang komunitas,
    dan kekurangan banget untuk data2 apah ajah landasan teorinya
    (pukadsiipoe@ymail.com)

    makasih ya mba :*

  86. mbak rottee q boleh minta softcopinya kah???
    q meneliti tentang konstruksi sosial kaum gay di blitar, q perlu referensi buat bab 2.bolehkan mbak…mksh byk sebelumnya atas bantuanya

  87. mbak, maaf sebelumnya..saya juga sedang menulis tentang homoseksualitas dalam perspektif fenomenologi..jika tidak keberatan, saya hanya minta tolong untuk dikirimin softcopy bab 1 dan bab 2-nya aja untuk tahu tentang previous studiesnya. makasih banyak sebelumnya. bisa dibalas di email saya : irlanda_allegra@yahoo.co.uk

    Best regards,

    Iin Rachmawati

  88. kak, aku mahasiswa univ andalas semest 7. gak sengaja ngebuka blog kaka dan aku juga lagi ngajuin judul ttg pola interaksi gay. boleh ga aku minta contoh skripsi kk buat penelitian terdahulu nya. kalo berkenan tlg email ke susi.handayaniii@yahoo.com makasih kak :)

  89. kak maaf aku febry mahasiswa S! universitas sebelas maret surakarta.Boleh ngga aku minta softcopy dari skripsi kakak buat jadi bahan masukan penelitian buat saya..Dan kalopun boleh pastilah itu bakalan sangat membantu saya.selain itu saya juga minta nama lengkap,nim,nama universitas,angkatan,makasih kak

    ini email aku febryclanmaharantya@rocketmail.com

  90. hai kak rotte

    saya mahasiswa komunikasi di depok, nah saya lagi ada tugas untuk membahas rancangan penelitian dengan pendekatan fenomenologis, saya trtarik membahas krn dr judulnya yg menarik hehe
    aku boleh minta softcopnya ga mba? bentuk pdf jg gapapa, makasih :)
    ke
    saskia.goodwill@gmail.com

  91. Hai…salam kenal,
    Saya salut dengan anda dan penelitian yang anda hasilkan, begitu dalam dan menguasai obyek yang diteliti.
    Bolehkah kiranya saya minta di share soft copy penelitian anda untuk saya jadikan referensi tambahan bagi penelitian tesis saya tentang: Perilaku Organisasi Kalangan LSL di Jawa Timur.
    Terima kasih, sukses selalu??

    Siska A. Sufa, S.Sos.
    Mahasiswi Magister Komunikasi UNITOMO Surabaya
    YM: siska_mediantoro

  92. saya bisa minta abstrak nya gk? sekalian identitas penulis karena saya sedang mengadakan peneltian tentang komunikasi verbal dan non verbal juga. saya ingin me review penelitian sejenis. kalau boleh saya bisa minta referensi apa yang menjadikan referensi peneltian anda.

    email saya : zhiel.padun@gmail.com

    fazil

    terima kasih sebelumnya

  93. Hai…
    Saya akan mengutip beberapa kajian pustaka anda, bolkiah saya minta di share softcopy daftar pustaka beserta biodata anda: nama lengkap, judul skripsi, tahun pembuatan, judul skripsi, yang nantinya juga saya cantumkan di daftar pustaka saya. Terima kasih??

  94. halo mbak nama saya abel, saya mahasiswa fikoom upad saya sedag mencari referensi tentang homoseksual,, bisa kirim softcopnya gk mbak ke email saya? thanks before

  95. hai..slam kenal saya puspa mahasiswa psikologi Udayana Bali..

    saya tertarik dengan penelitian yang mbak buat,.
    saya juga lagi membuat penelitian tentang homoseksual dengan model penelitiannya kualitatif mengenai Penyesuain diri.

    kalau boleh mbak saya ingin minta share soft copy penelitian mbak untuk saya jadikan referensi tambahan, karena di kampus saya belum ada referensi seperti itu, jurusan di psikologi udayana masih jurusan baru 2009..

    email saya: puspasari1992@gmail.com

    mohon bantuan dan mkasi bnyak :)

  96. hai salm kenal kak rotte.. aku mahasiswa komunikasi Unri…
    kak klw boleh ak mau minta juga dong sofcopy nya.. soalny planning ak mau meneliti fenomenologi budaya. tlg bantuan nya kak, misal ttg teknik analisis datanya.. itu gimana? klw kak rotte ada waktu, ak minta diemailkan kak ke rizkivayate38@gmail.com thanks kk.. semoga sukses dan bahagia selalu!!

  97. Halo mbak rottee, saya rizka mahasiswi fikom unpad. Setelah membaca abstrak mbak, saya tertarik untuk menjadikannya referensi dan sebagai bahan literatur utk penelitian sejenis. kalo boleh, saya ingin dikirimkan softcopy nya ke email? chika.shacy@yahoo.co.id makasih mbak :)

  98. mbak, saya hume mahasiswa DKV ISI Yogyakarta.
    saya mau melakukan penelitian tentang fenomenologi penggunaan tokoh populer pada desain kemasan makanan ringan. dengan menggunakan teori fenomenologi
    kalau boleh, saya ingin minta softcopy skripsi mbak rottee
    terimakasih

  99. dear mba rottee,
    saya mahasiswa komunikasi dr unand padang. karena jurusan kami baru buka jadi kurang reverensinya. saya sangat berharap mba bisa membantu saya. kebetulan saya juga meneliti ttg fenomenologi KPop di indonesia dan bahan referensi ttg fenomenologi masih kurang sangat kurang. saha harap mba rottee bisa membantu. email saya

    dita.yuri.firnanda@gmail.com

    terima kasih sebelumnya mba

  100. halo kak, saya dari fikom unpad.
    kebetulan saya juga bahas fenomenologi ttg transgender hehehe
    lagi stuck di teori mana yg cocok sama fenomenanya sih :D
    kalo boleh, bisa minta bantuannya kak buat referensi :)

    arthaniba.sitanggang@gmail.com

    terimakasih :)

  101. dear mba Rottee..
    Saya Shanty mahasiswi fikom unisba. Setelah membaca abstrak mba, saya tertarik untuk menjadikannya referensi, kebetulan saya jg meneliti tentang fenomenologi komunitas hijabers. kalo boleh, saya ingin dikirimkan softcopy nya ke email?

    shanty.wahyuni@ymail.com
    makasih mba :)

  102. assallamualaikum mbak.
    sy vi mahasiswa semester 8 bk, saat ini jg sdg menyusun skripsi tentang proses penyusunan skripsi.
    mhon bantuannya yah mbak.

  103. assallamualaikum mbak.
    sy vi mahasiswa semester 8 bk, saat ini jg sdg menyusun skripsi tentang proses penyusunan skripsi.
    mhon bantuannya yah mbak buat referensi, krn referensi fenomenologi sngt sngt amat amat kurg.
    mksh sblmx mbak.

  104. Selamat siang mba Rottee

    Saya budi dari fakultas UBM jakarta.
    meilhat respon yang sangat cepat dan tingkat intelektual dari mba, saya merasa perlu untuk bertanya dan meminta bimbingan nya.

    mba, saya sedang menjalankan skripsi dan bingung harus pakai metode apa dan referensi buku dari mana.. penelitian saya tentang gay juga,

    jika mba tidak keberatan, bisa tolong email soft copy nya? sebagai panduan saya dan saya juga mau tanya tanya mengenai teori dari penelitian saya ini.

    email saya budi_budiman89@yahoo.com

    terima kasih banyak yah mba,
    salam sukses

  105. mba,, saya sangat tertarik dengan foku yang anda bahas diatas, kebetulan saya juga ingin sekali meneliti untuk skripsi saya tentang pembahasann yang sama, jika tidak keberatan, saya boleh kontak mba ? terima kasih

  106. mbaa..gini..saya juga meneliti mengenai fujoshi dgn memakai pendekatan fenomenologi…apa saya boleh minta softcopynya mba? untuk dijadikan referensi…hehehe makasih mbaa

  107. hai mb rotte, baca abstrak skripsimu kayak menemukan pencerahan. aku zakia mahasiswa FIKOM UIN Jakarta yang lagi mau neliti study kasus pake metode fenomenologi juga, diperpus kampusku sedikit sekali yang bicara pake metode ini, jadi aku kurang bgt informasinya. boleh aku minta soft cop[y skripsimu mb rotte. mohon bantuannya ya, terimakasih sebelumnya :), ini email saya
    zakia_nisa@rocketmail.com

  108. hello Mba Rotte :)
    akhirnya saya nemu juga blog yg bahas fenomenologi hehe setelah mencari sekian lama hehe.

    gebini mba, saya meneliti hal serupa dengan Mba tapi masalah saya masih sama dengan teman2 yang lain yaitu terbatasnya akses di perpustakaan, jika gak keberatan saya mau minta tolong mau baca skripsi mba :)

    bisa di kirim ke email emanweee@gmail.com
    oh ia lupa hehhe, saya Eman mahasiswa Fikom Unpad

    hatur Nuhun Mba Rotte :) sukses selalu :)

  109. Halo kak Rotte! saya mario mahasiswa London School of Public Relations – Jakarta, jurusan marketing komunikasi. Setelah membaca banyak comment diatas saya semakin ingin menjadikan skripsi kak Rotte sebagai referensi skripsi saya yang berjudul “Analisis Fenomenologi Pemilu 2014 Terhadap Tingkat Order Sablon Kaos”. Jurnal skripsi tentang metode fenomenoogi sulit saya temukan dan saya berharap skripsi kak rotte dapat banyak membantu penelitian saya.

    Boleh saya minta soft copy nya kak untuk referensi?
    ini email saya : pocai_cnn@yahoo.com

    saya juga ingin bertanya seputar metode fenomenologi.
    Terimakasih

Leave a Reply

